Tips Membuat Bentuk Logo Tulisan dengan Mudah

Tips Membuat Bentuk Logo Tulisan dengan Mudah – Sama seperti nama pada manusia, logo juga  merupakan salah satu identitas yang dimiliki oleh sebuah brand.

Jika dibuat dengan profesional dan tampilan yang unik, logo bisa dengan mudah membuat brand lebih dikenal oleh masyarakat. Membuat logo sendiri tidaklah semudah hasil akhir yang terlihat.

Logo perlu memiliki kaitan dan dapat merepresentasikan bisnis. Selain itu, para desainer logo juga dapat menggunakan beberapa teknik cara membuat bentuk logo agar logo bisa terlihat lebih unik. Simak beberapa cara dalam membuat logo yang menarik berikut ini!

Gunakan Teknik Visual Double Entendre

Double entendre adalah suatu istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah gambar yang memiliki 2 makna. Trik ini dapat digunakan saat membuat suatu logo, dengan membuat ilustrasi atau bahkan tulisan yang mengandung dua arti. Misalnya saja logo logo Baskin Robbins yang menunjukkan inisial BR dan terdapat angka 31 yang menyimbolkan 31 rasa es krim.

Sesuaikan Warna

Warna memiliki makna tersendiri, dan bisa lebih efektif digunakan dalam membuat bentuk logo untuk mengkomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand. Gunakan palet warna yang dapat saling melengkapi satu sama lain. Warna yang digunakan dengan cara tepat juga bisa membuat logo terlihat lebih hidup.

Gunakan Tulisan Custom

Ada banyak logo yang hanya berupa tulisan. Agar logo terlihat lebih personal, unik, dan bisa disesuaikan dengan visi misi brand itu sendiri, tak ada salahnya jika menggunakan huruf atau tulisan yang dibuat sendiri alias custom! Selain itu, tipografi buatan atau modifikasi sendiri juga akan sulit untuk ditiru orang lain.

Gunakan Logotype

Beberapa brand besar memilih untuk menggunakan nama brand untuk dijadikan logo mereka (logotype), tanpa tambahan simbol (logomark) di dalamnya. Contohnya seperati Facebook. Jacob Cass selaku logo desainer pun membagikan tipsnya.

Jika perusahaan memiliki nama yang unik, Anda bisa mencoba untuk menggunakan logotype. Tapi jika bisnis yang Anda miliki merupakan nama yang umum, maka Anda perlu membuat bentuk logo yang lebih unik agar dapat membedakan brand Anda.

Sederhana

Logo yang simpel dan sederhana juga bisa menjadi berkesan karena mudah diingat dan tidak lekang oleh waktu. Contohnya kisah unik dibalik proses terciptanya logo Nike.

Sang designer, Carolyn Davidson yang menciptakan logo di tahun 1971. Ia diminta membuat logo yang melambangkan sebuah gerakan dan cocok sebagai desain sepatu. Davidson pada saat itu membuat 5 buah logo, tapi yang terpilih adalah logo “Swoosh” yang hingga kini masih tetap digunakan oleh perusahaan olahraga tersebut.

Unik dan Mudah Dikenal

Logo yang sukses adalah logo yang dengan mudah dikenali dan unik bagi brand itu sendiri. Sebaiknya pertimbangkan apakah logo yang Anda buat terbilang unik atau umum. Simbol atau gambar-gambar yang umum dapat ditambahkan sedikit sentuhan menarik.

Selipkan Makna pada Tiap Elemen

Logo bukanlah sekadar gambar yang ditentukan secara acak lalu dicetak di atas kartu nama. Lebih dari itu semua, membuat bentuk logo menjadi representasi sebuah brand dengan kisah dan makna yang unik dibaliknya.

Makna dalam sebuah logo bisa merupakan makna tersirat ataupun tersurat. Misalnya saja pada logo Amazon dengan panah yang menghubungkan huruf A dan Z. Itu melambangkan bahwa mereka menjual apa saja dari A sampai Z.

Panah ini juga seperti bibir yang tersenyum, dengan bagian ujung yang menyerupai lesung pipi, menandakan bahwa orang akan bahagia saat berbelanja di Amazon.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat bentuk logo tulisan. Kini Anda dapat mempertimbangkan logo yang tept sesuai dengan cara di atas.Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*