Cara Memilih Susu Formula Bayi Berdasarkan Kondisi Dan Tujuan Penggunaan

Dengan mengkonsumsi susu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan asupan gizi harinya, tentunya bisa membantu badan anda supaya tetap sehat dan bugar. Begitupun dengan si kecil, yang juga membutuhkan supan gizi yang cukup setiap harinya. Untuk memenuhi asupan gizi bagi si kecil tersebut, anda bisa memberikan susu formula yang tepat bagi si kecil.

Selain harga jual susu bayi formula dan kandungan nutrisinya, hal penting lainnya yang harus anda perhatikan saat memilih susu formula untuk bayi adalah kemasan. Hal ini dilakukan supaya membuat susu untuk bayi menjadi lebih mudah. Karena setiap bentuk kemasan ini mempunyai karakteristik masing-masing. Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasannya seperti dibawah ini :

Tipe Kemasan Kaleng

Jika anda ingin menitikberatkan pada kepraktisan, maka susu formula tipe kemasan kaleng ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Dimana, pada umumnya kemasan kaleng ini memiliki kapasitas sekitar 800 gram, namun ada juga beberapa merek yang memiliki ukuran kemasan yang lebih kecil. Oleh karena itu, jika anda sering memberikan susu formula bagi bayi, maka susu kemasan kaleng berukuran 800 gram ini merupakan pilihan yang lebih ekonomis. Akan tetapi, ukuran kaleng yang besar ini memiliki bobot yang berat sehingga sangat sulit untuk dibawa kemana-mana.

Tipe Kemasan Plastik

Bisa dibilang bahwa tipe kemasan plastik ini merupakan tipe yang baru. Dimana tipe kemasan ini sangat praktis karena anda cukup memasukkan susu kemasan isi ulang ke dalamnya saja. Selain itu, anda juga tidak perlu repot-repot untuk membersihkan kemasan plastiknya setiap kali melakukan isi ulang. Akan tetapi, tipe kemasan plastik kadangkala cenderung lebih tipis dan anda harus menggantinya dengan kemasan baru setelah beberapa kali pemakaian. Selain itu, jika anda memilih tipe kemasan ini anda juga harus menyiapkan sendok susu sendiri karena kemasan tipe ini pada umumnya tidak dilengkapi dengan sendok susu. 

Tipe Kemasan Stik Atau Sachet

Jika anda akan bepergian bersama bayi, maka susu formula kemasan stik atau sachet ini sangat ringan dan mudah diselipkan di dalam tas sehingga lebih praktis. Memang susu formula dengan kemasan stik ini sangat sulit ditemukan di Indonesia. Nah, untuk mengatasinya anda bisa memasukkan bubuk susu formula ke dalam kantong plastik. Selain itu, tipe kemasan ini juga sangat cocok untuk bayi yang meminum ASI sebagai sumber nutrisi utama dan susu formula sebagai selingannya. Jika bayi anda hanya meminum ASI saja, namun tidak ada salahnya jika anda menyediakan kemasan tipe ini di rumah untuk berjaga-jaga saat prosuk ASI anda tidak memadai.

Tipe Kemasan Balok

Mungkin anda belum pernah mendengar atau melihat susu formula berbentuk balok padat, karena memang susu formula tipe kemasan balok ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Untuk pembuatannya, pada umumnya susu formula tipe kemasan balok ini anda cukup melarutkan 1 balok untuk membuat 40 ml susu. Selain itu, ada produk tipe balok yang memiliki pemisah di tengahnya sehingga sangat mudah dipatahkan. Hal ini tentunya sangat berguna apabila anda hanya ingin membuat 20 ml susu saja. Sehingga dengan susu formula berbentuk balok ini, anda bisa membuat susu dengan lebih praktis karena tidak perlu lagi menggunakan sendok takaran.  

Nah, dari keempat tipe kemasan susu formula di atas mana yang lebih ibu suka untuk berikan pada si kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*